Dosen TI sukses PKM dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Perpustakaan di SMP YLPI Marpoyan

31 Mei 2021

Responsive image


Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat telah merubah wajah dunia. Teknologi informasi hari ini telah diterapkan diberbagai sektor baik pribadi, intansi pemerintahan, swasta dan lain sebagainya. Tidak dipungkiri penerapan teknologi memberikan nilai tambah proses pengolahan data, selain itu juga mempermudah kinerja, memangkas waktu sehingga pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu singkat, efektif dan efisien.

Perpustakaan merupakan salah satu instansi yang menerapkan teknologi informasi untuk membantu proses kerja. Teknologi informasi memberikan angin segar untuk mengelola perpustakaan lebih mudah, efektif dan efisien. Optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan begitu penting dimana pengelolaan yang baik mampu meningkatkan  pemanfaatan  perpustakaan  guna menunjang  proses  belajar-  mengajar, absorbsi informasi ilmiah bagi sivitas akademika dan memfasilitasi pembelajaran seumur hidup (long life learning).

Saat ini banyak perangkat lunak sistem informasi perpustakaan dapat diunduh secara bebas di Internet. Meskipun demikian, kenyataannya di lapangan ditemukan hanya beberapa perpustakaan sekolah yang mampu menerapkan sistem informasi perpustakaan. Salah satu fakor yang menghambat penerapannya yaitu sumber daya manusia di perpustakaan sekolah yang kurang fasih menggunakan teknologi informasi. Ditambah lagi, fasilitas yang diperlukan untuk penerapan sistem seperti komputer dan Internet cukup mahal sehingga tidak semua sekolah mampu mengadakan perlengkapan tersebut.

Pemerintah Indonesia sebetulnya telah berupaya menghadirkan kesetaraan kualitas pendidikan diseluruh sekolah di Indonesia. Hal ini terlihat dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pada tahun 2005 pemerintah mengeluarkan program dana Bantuan Operasional Sekolah (Depdiknas: 2009), Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan, dengan sasaran semua sekolah dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) baik negeri maupun swasta di seluruh provinsi di Indonesia. Sehingga tidak ada alasan bagi pihak sekolah enggan mengadakan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Senayan Library Information Management System atau yang disingkat dengan SLiMS merupakan perangkat lunak sistem informasi perpustakaan berbasis open source karya anak Indonesia. SLiMS memiliki fiture yang lengkap mulai dari inventarisasi koleksi, keanggotaan, sirkulasi, serta laporan harian kegiatan di perpustakaan. Selain itu, SLiMS tergolong perangkat lunak yang mudah dalam hal instalasi dan penggunaannya. Perangkat lunak ini sangat direkomendasikan bagi semua kalangan bahkan yang tidak memiliki latar belakang ilmu komputer sekalipun bisa menggunakannya.

Sampai saat ini SLiMS telah mengeluarkan sekurangnya delapan versi. Versi yang digunakan pada pengabdian ini yaitu versi terbaru: akasia. SLiMS dapat didownload melalui website resminya (https://slims.web.id/web/#section-download). Developer SLiMS juga menyediakan dokumentasi yang lengkap mengenai instalasi dan tatacara penggoperasian SLiMS. Yang membuat perangkat lunak ini semakin menarik yaitu SLiMS telah ditranslasikan ke dalam banyak bahasa, terutama dalam bahasa Indonesia sehingga makin menjanjikan digunakan luas oleh pustakawan perpustakaan sekolah yang tidak fasih berbahasa inggris.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh 3 orang dosen (Dr. Arbi Haza Nasution, B.IT(Hons), M.IT, Anggi Hanafiah, S.Kom., M.Kom., Rizky Wandri, S.Kom., M.Kom dan 1 orang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau, Alwi Ridho Alfisyahry. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dan pelatihan kepada pustakawan yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Program pengabdian kepada masyarakat berupa pengimplementasian system informasi perpustakaan menggunakan SLiMS yang dapat menambahkan informasi dan pengetahuan. Hasil dari workshop ini nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat dalam memudahkan pencarian informasi seputar perpustakaan, serta meningkatkan kinerja pengelolaan, profesionalisme dan efisiensi dalam etos kerja pustakawan di sekolab SMP YLPI Marpoyan.